Review Aplikasi FaceApp, Aplikasi Transgender yang Viral Karena Age Challenge

Review Aplikasi FaceApp, Aplikasi Transgender yang Viral Karena Age Challenge

Bagi anak zaman now tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi transgender yang sempat viral karena Age Challenge yaitu Aplikasi FaceApp. Tentu Anda sudah tahu dengan aplikasi tersebut bukan? Atau bahkan Anda salah satu orang yang menikmati aplikasi FaceApp?

Apapun itu, aplikasi FaceApp yang sempat viral memiliki pro dan kontra di tengah – tengah lingkungan masyarakat. Terlebih karena FaceApp merupakan aplikasi yang dibuat oleh Rusia. FaceApp merupakan karya dari Wireless Lab.

Lantas perusahaan apakah Wireless Lab? Aplikasi FaceApp apakah bahaya dan apakah ada maksud atau tujuan lain dibalik viralnya Age Challenge? Atau memang murni aplikasi untuk bersenang  – senang? Oke, daripada penasaran dengan jawaban atas semua pertanyaan tersebut mari kita kupas informasi selengkapnya tentang FaceApp dalam ulasan di bawah ini!

Mengenal Aplikasi FaceApp

Mengenal Aplikasi FaceApp

Ya, seperti yang kita sudah tahu bahwa FaceApp merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh pengembang asal Rusia yaitu Wireless Lab. Wireless Lab ini merupakan suatu perusahaan kecil yang pusat operasionalnya berada di Saint Petersburg, Rusia.

Wilayah Saint Petersburg tersebut tidak termasuk ke dalam wilayah Uni Eropa atau Amerika Serikat dimana seperti yang kita tahu negara Uni Eropa dan Amerika Serikat memiliki peraturan yang cukup ketat tentang penggunaan data atau informasi pribadi.

Dengan begitu berbagai macam regulasi yang diterapkan mengenai privasi di negara Amerika Serikat atau Uni Eropa akan membuat semua aplikasi yang dibuat tunduk atas peraturan tersebut. Namun FaceApp, karena merupakan aplikasi buatan Rusia dan tidak berada di wilayah Amerika Serikat atau Uni Eropa tidak terkena tuntutan apapun bahkan jika terjadi pelanggaran tentang privasi.

Sementara orang – orang di berbagai negara seiring dengan viralnya Age Challenge yang diviralkan oleh FaceApp, kini banyak yang menerka – nerka tentang kebenaran bahwa aplikasi FaceApp curi data pengguna atau tidak. Lantas, mengapa ada indikasi kalau FaceApp mencuri data penggunanya?

FaceApp diindikasikan mencuri data pengguna berdasarkan cara kerjanya yang sangat mudah. Cara kerja FaceApp meminta untuk penggunanya melakukan unggahan foto yang nantinya akan diedit ke komputasi awan atau cloud.

Nah, FaceApp nyatanya tidak hanya hadir sekedar mengedit didalam aplikasi sehingga informasi yang diunggah tidak terbuka ke dunia luar. Malah FaceApp memungkinkan bagi pengguna untuk memilih salah satu foto dari sistem yang kemudian diunggah pada aplikasi ini.

Padahal secara teori, cara kerja salah satu aplikasi viral gender ini kurang meyakinkan. Dengan cara kerja yang seperti itu tentu disayangkan oleh berbagai pihak, termasuk seorang pakar privasi yaitu Will Strafach.

Will Strafach mengatakan bahwa cara kerja dari FaceApp cukup mencurigakan. Will juga mengungkapkan bahwa  ada kemungkinan aplikasi tersebut mencuri data privasi pengguna dengan melakukan scan wajah. Karena itu orang – orang yang menggunakan FaceApp harus lebih berhati – hati.

Namun bagi Anda yang tertarik untuk download aplikasi faceapp apk, disini kami akan berikan cara download dan cara menggunakannya. So, lets check these out!

Pertama, unduh dan pasang FaceApp

Pertama, unduh dan pasang FaceApp

Hal yang Anda harus lakukan pertama kali adalah mengunduh dan memasang aplikasi FaceApp. Untuk iOS Anda tinggal pergi ke laman App Store, sementara untuk android bisa langsung ke Play Store untuk mendownload FaceApp.

Buka aplikasi yang sudah Anda download
Jadi setelah Anda selesai mendownload, Anda tinggal buka aplikasi yang tadi sudah terlebih dahulu Anda download dari Play Store atau App Store. Untuk langsung melakukan editing wajah dari foto selfie, Anda ketik langsung icon kamera yang terdapat di bagian laman utama.

Akan tetapi sebelumnya Anda melakukan itu, Anda akan diminta perizinan dulu untuk mengakses kamera. Jadi Anda tinggal ketuk saja tombol izinkan untuk mengaktifkan berbagai fitur yang tersedia, termasuk fitur kamera.

Ambil foto selfie atau foto galeri

Ambil foto selfie atau foto galeri

Setelah kameranya aktif, Anda tinggal ambil foto selfie dengan cara Anda ketuk tombol shutter yang terdapat di bagian tengah. Jika Anda beralih ke bagian kamera belakang, Anda tinggal ketuk saja tombol putar yang terdapat di bagian sebelah kanan.

Nah, selanjutnya FaceApp akan sesegera mungkin melakukan pemrosesan foto. Akan tetapi baiknya Anda pastikan lebih dulu bahwa dalam langkah ini Anda harus memiliki suatu jaringan internet yang cukup stabil. Karena fitur pada FaceApp ini tidak dapat diakses tanpa jaringan internet.

Mulailah mengedit foto wajah tua Anda
Masuk ke bagian laman editor. Pada bagian laman editor tersebut Anda tinggal memberikan sentuhan efek melalui menu slider yang terdapat di bagian paling bawah. Kemudian untuk melakukan edit wajah tua, pilih menu usia kemudian pilih tua.

Tunggu selama beberapa saat dan ketuk terapkan untuk mulai melakukan pemasangan filter. Dengan cara tersebut filter yang Anda inginkan sudah bisa diterapkan pada efek foto Anda.

Simpan hasil editan
Jika Anda akan menyimpan foto yang sudah diedit melalui FaceApp didalam galeri, Anda tinggal ketuk icon Download yang terdapat di bagian pojok kanan sebelah atas. Maka disana secara otomatis foto akan segera tersimpan ke dalam galeri Anda.

Simpan hasil editan

Anda juga dapat sesegera mungkin membagikannya ke platform yang lain seperti halnya ke Twitter, Instagram atau ke Facebook. Anda bisa berbagi hasil foto editan melalui FaceApp baik foto wajah tua, foto wajah lebih muda, foto wajah dewasa, foto wajah anak – anak, foto wajah transgender atau foto wajah apapun melalui akun media sosial yang Anda punya.

Anda bisa seru – seruan dengan FaceApp untuk mengetahui seperti apa masa tua Anda, masa muda Anda, bahkan wajah Anda jika transgender. Seru bukan? Namun gunakan FaceApp seperlunya.

Sebenarnya selain menjadi aplikasi transgender yang dapat mengubah foto wajah dari muda menjadi tua, dari pria menjadi wanita atau sebaliknya, ada fitur menarik lain yang ditawarkan oleh FaceApp. Fitur – fitur lain yang menarik dari FaceApp diantaranya yaitu :

  • Fitur untuk menambah brightness atau kecerahan wajah
  • Fitur untuk mengubah wajah menjadi tersenyum atau cemberut
  • Fitur agar terlihat lebih muda dari usia aslinya
  • Mencoba gaya rambut terbaru

FaceApp memang merupakan suatu aplikasi yang baru seumur jagung. Namun walau usianya masih sangat muda, FaceApp sangat populer. Di Google Play Store, aplikasi ini tercatat sudah diunduh lebih dari 100 juta kali bahkan masuk ke dalam jajaran aplikasi terbaik di App Store dan Play Store di tahun 2017.

Bahkan FaceApp juga mendapatkan predikat sebagai badge Editor’s Choice dari Google. Terlepas dari plus minus dan semua kontroversinya, aplikasi FaceApp termasuk aplikasi hiburan yang sangat menyenangkan.

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !