Tips Agar Gak Kena Virus Saat Browsing di Internet Terbaru 2019

Tips Agar Gak Kena Virus Saat Browsing di Internet Terbaru 2019

Tahu nggak sih kalau ternyata internet menjadi wadah yang paling ideal bagi sejumlah software atau aplikasi berbahaya, seperti virus dan malware. Oleh karenanya, buat Anda nih yang cukup sering menghabiskan waktu untuk browsing di internet, baik itu untuk sekadar mencari informasi mengenai berita terkini, atau pun hanya sekadar mencari materi tugas sekolah. Sekarang Anda patut waspada dengan beberapa kemungkinan perangkatmu disusupi oleh program jahat yang bersumber dari internet.

Tak perlu khawatir, sebab ada tips dan cara amannya yang bisa dicoba agar Anda tidak kena virus saat browsing di internet. Mau tahu bagaimana caranya? Simak tips – tipsnya di bawah ini.

Tips Agar Gak Kena Virus Saat Browsing di Internet Terbaru 2019

Tips Agar Gak Kena Virus Saat Browsing di Internet Terbaru 2019

Perhatikan ikon Gembok dan Url sebuah situs website

Sebuah situs website atau blog yang dapat dipastikan keamananya adalah yang memiliki ikon Gembok berwarna hijau. Tanda tersebut menjadi pertanda bahwa website yang Anda kunjungi memang memiliki fitur enkripsi khusus. Lalu untuk pengguna Url sendiri ternyata yang jauh lebih terjamin keamanannya adalah Url ‘https’ dibandingkan Url ‘http’. Anda juga bisa menggunakan ekstensi ‘https everywhere’, dengan begitu semua situs website yang Anda kunjungi akan secara otomatis berubah menjadi ‘https’ dan terenkripsi.

Mengecek bagian preview sebuah link sebelum membukanya

Langkah selanjutnya yang bisa dicoba agar Anda tidak terkena virus atau malware pada saat browsing di internet adalah dengan mengecek bagian preview sebuah link sebelum akhirnya membukanya. Penting untuk diketahui bahwa biasanya sebuah situs website akan menampilkan sebuah link yang apabila diklik maka akan membawa pengguna atau pengunjungnya ke sebuah halaman website lain. Nah, untuk mencegah hal tersebut Anda bisa mencoba meletakkan kursor tepat di bagian link tersebut tanpa harus mengekliknya.

Biasanya Anda akan mendapati sebuah preview link di sebelah kanan, tepat di bagian bawah layar atau di sebelah kiri bawah layar. Preview link ini menjadi petunjuk bahwa situs website yang akan dikunjungi akan dialihkan apabila Anda mengeklik link tersebut. Dengan begitu Anda sudah bisa mempertimbangkan dengan baik dan bijak lagi link tersebut aman atau tidak untuk dikunjungi.

Menggunakan mode Privasi atau VPN

Misalnya saja pada browser Chrome atau Opera biasanya pengguna hanya perlu menekan kombinasi tombil Ctrl + Shift + N untuk membuka mode Provasi. Mode satu ini nanti tidak hanya akan menyimpan segala data atau file, termasuk riwayat dan cookie dari situs website yang Anda kunjungi.

Apabila Anda memang ingin privasi yang lebih, maka Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi VPN yang akan sembunyikan IP Address perangkat yang Anda gunakan. Tak perlu khawatir, sebab sekarang sudah ada banyak sekali aplikasi VPN yang bisa Anda coba gunakan. Sebagai rekomendasi aplikasi VPN-nya Anda bisa langsung klik di sini.

Menggunakan ekstensi antivirus khusus browser

Terakhir adalah dengan menggunakan ekstensi antivirus khusus untuk browser. Ya, Anda bisa mencoba memasang ekstensi antivirus untuk browser dari Avast yang tersedia di website store browser yang Anda gunakan. Cara kerja ekstensi tersebut sangat sederhana sekali, tetapi cukup bermanfaat untuk menjamin keamanan browsing Anda di internet.

Ekstensi ini bahkan akan memberikan centang warna hijau untuk situs website yang diklaim pasti aman. Tidak hanya itu saja, Avast juga memiliki fitur antiphising dan mencegah Anda untuk mengeklik situs salah, misalnya saja dengan cara mengalihkan Anda ke situs yang benar dan aman.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips agar gak kena virus saat browsing di internet terbaru 2019. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !