Cara Paling Mudah Dalam Mengatasi Tablet Yang Lemot


Teknologi android berkembang begitu pesat dari mulai handphone hingga tablet. Tablet dengan sistem operasi android sudah bukan hal yang baru. Samsung merupakan salah satu perusahaan smartphone yang terjun ke dalam trend tablet pintar ini. Anda dapat menemukan berbagai varian tablet yang ditawarkan oleh Samsung. Tablet-tablet buatan Samsung sendiri dilengkapi dengan spesifikasi yang wah, nyaris bak PC sungguhan sehingga tak heran jika dibanderol dengan harga tinggi.
Selain Samsung, Xiaomi selaku vendor asal China yang identik dengan hp-hp android super murah namun dengan spesifikasi yang menggiurkan, juga punya jagoan tablet milik mereka sendiri. Pada seri Mi Pad, Xiaomi memberanikan diri merilis tablet yang secara fisik mirip sekali dengan iPad buatan pabrikan Apple.
Penggunaan tablet memang banyak bermanfaat bagi mereka-mereka yang punya mobilitas tinggi. Namun, layaknya smartphone dengan sistem operasi android di dalamnya, tablet juga tak luput dari masalah lemot dan lag. Hal ini lah yang kemudian cukup membuat jengkel para pengguna tablet android. Tetapi tetap ada satu masalah sama yaitu tablet lemot. Anda tidak perlu bingung dan khawatir karena kami akan memberikan beberapa cara mengatasi tablet lemot yang bisa anda terapkan pada tablet android anda yang kebetulan lemot. Berikut cara untuk mengatasi tablet lemot yang harus Anda simak!

  1. Hapuslah cache aplikasi


Yang pertama, aplikasi yang anda gunakan di tablet android punya fungsi untuk menyimpan data-data. Data-data ini lah yang telah dinamakan cache. Keberadaan cache sendiri cukup menganggu karena ukuran cache akan bertambah seiring berjalannya waktu dan seberapa seringnya anda menggunakan aplikasi tersebut. Cache ini lah yang kemudian memakan space memori tablet anda sehingga tablet anda penuh dan menjadi lemot. Nah, untuk mengatasinya anda bisa pergi ke menu Pengaturan atau Setting di tablet anda. Lalu lanjut ke opsi manajemen aplikasi, pilih aplikasi mana saja kah yang ingin anda hapus cache-nya. Umumnya, kinerja tablet akan terasa lebih ngebut setelah anda membersihkan cache di beberapa aplikasi yang anda download di tablet anda.

  1. Menghapus aplikasi yang jarang dan tidak digunakan

Dalam manajemen RAM, anda tetap harus memonitor bagaimana RAM anda berjalan supaya terhindar dari tablet menjadi lemot. Aplikasi-aplikasi yang anda akses dan gunakan saat menggunakan tablet sangat berpengaruh terhadap kinerja RAM anda. Jika RAM tablet anda sudah mumpuni, tentu membuka banyak aplikasi sekaligus tentu tak akan bermasalah. Namun jika RAM tablet anda hanya sebesar 2 GB apa jadinya?
Nah, untuk mengatasi tablet yang lemot, anda bisa coba menghapus beberapa aplikasi yang jarang anda gunakan atau bahkan tidak pernah digunakan di tablet anda. Menghapus aplikasi seperti game yang tidak atau jarang digunakan akan membuat kapasitas RAM menjadi lega sehingga kinerja tablet akan lebih cepat. Hindarilah juga penggunaan game dengan ukuran file yang sangat besar karena akan berpengaruh terhadap tablet anda jika tablet tidak didukung oleh prosesor dan RAM yang mumpuni. Bila Anda gamers, pastikan memilih hp dengan prosesor terbaik untuk game Android supaya tidak lemot ya.

  1. Hindarilah penggunaan Live Wallpaper

Memungkinkan anda untuk melakukan berbagai kostumisasi terhadap tablet android anda adalah salah satu kelebihan tablet android. Salah satu contohnya adalah menjadikan animasi atau gambar bergerak sebagai Wallpaper. Walau terihat keren dan menarik, nyatanya penggunaan Live Wallpaper cukup berpengaruh terhadap kecepatan tablet android anda. Apabila tak terlalu dibutuhkan, kami menyarankan anda untuk mengubah Live Wallpaper yang sudah anda gunakan ke Wallpaper biasa saja untuk menghindari tablet menjadi lemot.

  1. Hindari Penggunaan Task Killer terlalu banyak (cukup 1 aplikasi aja)

Task Killer adalah aplikasi yang memungkinkan anda untuk membersihkan data-data seperti cache di tablet android anda secara instan. Aplikasi Task Killer ada banyak macamnya dan bisa anda unduh sesuka hati di Google Play Store. Penggunaan Task Killer memang sangat berguna bagi anda yang ingin membersihkan file-file terselubung di tablet anda namun dengan satu catatan,tetapi cukup gunakan 1 aplikasi Task Killer saja. Apabila anda menggunakan aplikasi Task Killer yang terlalu banyak, maka akan berpengaruh terhadap tablet android anda.

  1. Hindarilah penggunaan Widget terlalu banyak

Memang akan nampak keren, Widget yang anda tampilkan di homescreen tablet anda rupanya punya dampak yang besar terhadap kinerja tablet android anda. pemasangan Widget yang terlalu banyak akan membuat tablet android anda menjadi lemot jika tablet tidak didukung dengan chipset dan RAM yang mumpuni. Upayakan untuk menghapus beberapa Widget yang sekiranya tidak terlalu anda butuhkan.
Itulah beberapa informasi dari artikel kami mengenai cara paling mudah menangani tablet yang lemot. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan pada tablet anda. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.

Artikel Terbaru
  • Tablet Anda Tidak Bisa Di Charge? Ini Cara Memperbaikinya
    Tablet adalah salah satu produk yang diluncurkan oleh para produsen gadget untuk memberikan variasi dan memenuhi kebutuhan penggunanya. Dengan layar yang lebih besar, tentu memiliki kelebihan diba ...
  • Cara Mengatasi iPad Disabled
    Pada saat iPad Anda dinonaktifkan dan Anda tidak bisa mengembalikannya, tenang saja Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan begitu mudah. Walau Apple telah datang jauh dengan memproduksi vers ...
  • 2 Cara Yang Dapat Dilakukan Saat Lupa Password iPhone
    iPhone kamu terkunci karena lupa passwordnya ? Jangan khawatir dan tenangkan diri karena kami disini mau kasih tahu gimana caranya mengatasi lupa password iPhone atau iPad. Apabila kamu salah mema ...
  • 3 Cara Tepat Menangani Blue Screen Pada Laptop dan PC Windows 7
    Kita pasti pernah mendengar salah satu permasalahan dalam komputer atau laptop yaitu Blue Screen of Death atau BSOD ini. Yang perlu diketahui dari BSOD ini bisa disebabkan oleh adanya kerusakan baik ...
  • Cara Jitu Mengatasi Bootloop HP OPPO
    Seringkali saat data penyimpanan internal HP penuh dapat menyebabkan yang namanya. Bootloop adalah kesalahan yang terjadi pada perangkat Android yang dapat mengakibatkan perangkat tidak dapat memu ...
Back to Top
This page needs javascript enabled !