2 Cara Yang Dapat Dilakukan Saat Lupa Password iPhone

iPhone kamu terkunci karena lupa passwordnya ? Jangan khawatir dan tenangkan diri karena kami disini mau kasih tahu gimana caranya mengatasi lupa password iPhone atau iPad. Apabila kamu salah memasukkan password iPhone hingga 6 kali berturut-turut, hp iPhone kamu pasti akan terkunci dan dinonaktifkan secara otomatis. Apabila  iPhone sudah terkunci karena lupa password, inilah yang harus kamu lakukan.

Pada saat iPhone terkunci dan muncul keterangan “iPhone is disabled,” kamu bisa menunggu 1 menit untuk mencoba memasukan password kembali. Akan tetapi saat kamu benar-benar lupa password iPhone, dengan terpaksa kamu harus memulihkan iPhone ke setingan pabrikan. Proses pemulihan iPhone yang terkunci akibat lupa password akan menghapus semua data dan setingan yang ada. Secara default, iPhone akan backup data ke iCloud kamu secara berkala. Akan tetapi pada saat kamu mematikan fungsi backup ini, maka seluruh data yang ada di iPhone akan terhapus setelah proses pemulihan ini selesai. Maka dari itulah jika kamu menggunakan iPhone fitur backup ke iCloud lebih baik tidak dimatikan. Backup data juga bisa dilakukan melalui iTunes. So, jika kamu tidak mengaktifkan backup melalui iCloud, selama masih punya cadangan data di iTunes kamu data-data yang ada di iPhone sebelumnya masih aman dan bisa dipulihkan.

Namun apabila data di dalam iPhone lupa atau belum dicadangkan ke iCloud atau iTunes, maka tidak ada cara lain selain memulihkan dan menghapus semua data yang ada sebelumnya. Nah, ketika proses pemulihan selesai, semua data dan pengaturan akan terhapus dan iPhone akan seperti pertama kali kamu beli. Terdapat 2 cara untuk memulihkan hp iPhone yang terkunci akibat lupa password, diantaranya:

  1. iTunes untuk Mengatasi Lupa Password iPhone

iTunes itu sendiri merupakan sebuahaplikasi yang digunakan untuk menyelaraskan iPhone dengan komputer Windows atau Mac. Kamu juga bisa memulihkan iPhone dengan cara menghapus data iPhone dan password dengan iTunes. Sebelum kamu hendak menghapus password iPhone, instal dulu aplikasi iTunes di perangkat kamu. Setelah aplikasi terinstal, lakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Hubungkan iPhone ke komputer yang telah diinstal iTunes
  2. Buka iTunes. Jika aplikasi meminta password kamu bisa gunakan mode pemulihan
  3. Tunggu sampai aplikasi iTunes menyelaraskan iPhone dan membuat cadangan
  4. Setelah proses penyelarasan dan backup data selesai klik “Pulihkan”
  5. Ketika mencapai layar pengaturan sambil memulihkan iPhone, ketuk “Pulihkan dari cadangan iTunes”
  6. Pilih iPhone di iTunes, kemudian lihat tanggal dan ukuran setiap cadangan dan pilih yang paling relevan.

Semua akan ter-back uo, tetapi apabila iPhone kamu belum pernah diseleraskan dengan iTunes, semua data di dalam iPhone akan hilang setelah proses pemulihan selesai. Untuk berjaga-jaga lebih baik iPhone selalu dibackup ke iTunes supaya jika suatu saat iPhone terkunci, semua data dan pengaturan bisa dipulihkan kembali.

  1. Force Restart untuk Mengatasi Lupa Password iPhone

Apabila kamu tidak bisa menyelaraskan iPhone ke komputer dengan iTunes, maka kamu bisa memulihkan iPhone dengan mode pemulihan atau Force Restart. Persiapkan komputer yang sudah terinstal iTunes sebelum kamu memulihkan iPhone yang lupa password. Kami ingatkan cara ini akan menghapus data dan pengaturan terakhir di iPhone, serta termasuk passwordnya. Berikut ini caranya:

  1. Hubungkan iPhone kamu ke komputer yang sudah terinstal iTunes
  2. Lalu buka iTunes dan pastikan iPhone kamu terhubung ke iTunes
  3. Saat iPhone telah terhubung ke komputer, kamu bisa mulai force restart dengan cara:
  • Untuk iPhone X, iPhone 8, atau model iPhone terbaru tekan sebentar tombol volume Up setelah itu lepas dan tekan sebentar volume Down lalu lepas. Setelah itu, tekan terus tombol Power sampai iPhone masuk ke dalam mode pemulihan (recovery mode)
  • Untuk iPhone 7 atau 7 Plus, tekan terus tombol Power dan volume down secara bersamaan sampai masuk ke mode recovery
  • Untuk iPhone 6s dan model sebelumnya, tekan dan tahan tombol Home dan tombol atas atau tombol Power secara bersamaan. Terus tahan sampai masuk ke mode recovery.

Saat telah masuk ke mode recovery, aplikasi iTunes pada layar komputer kamu akan muncul kotak notifikasi. Kemudian klik tombol Pulihkan atau Perbarui pada kotak notifikasi. iTunes akan mengunduh perangkat lunak untuk iPhone yang terhubung. Apabila proses download perangkat lunak memakan waktu lebih dari 15 menit, iPhone kamu akan keluar dari recovery mode. Tekan dan tahan kombinasi tombol kembali.

Demikian beberapa tips untuk kami saat mengalami masalah lupa password pada iPhone. Semoga apa yang telah kami bagikan dapat bermanfaat untuk kamu. Terima kasih.

Artikel Terbaru
  • Tablet Anda Tidak Bisa Di Charge? Ini Cara Memperbaikinya
    Tablet adalah salah satu produk yang diluncurkan oleh para produsen gadget untuk memberikan variasi dan memenuhi kebutuhan penggunanya. Dengan layar yang lebih besar, tentu memiliki kelebihan diba ...
  • Cara Mengatasi iPad Disabled
    Pada saat iPad Anda dinonaktifkan dan Anda tidak bisa mengembalikannya, tenang saja Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan begitu mudah. Walau Apple telah datang jauh dengan memproduksi vers ...
  • Cara Paling Mudah Dalam Mengatasi Tablet Yang Lemot
    Teknologi android berkembang begitu pesat dari mulai handphone hingga tablet. Tablet dengan sistem operasi android sudah bukan hal yang baru. Samsung merupakan salah satu perusahaan smartphone yang ...
  • 3 Cara Tepat Menangani Blue Screen Pada Laptop dan PC Windows 7
    Kita pasti pernah mendengar salah satu permasalahan dalam komputer atau laptop yaitu Blue Screen of Death atau BSOD ini. Yang perlu diketahui dari BSOD ini bisa disebabkan oleh adanya kerusakan baik ...
  • Cara Jitu Mengatasi Bootloop HP OPPO
    Seringkali saat data penyimpanan internal HP penuh dapat menyebabkan yang namanya. Bootloop adalah kesalahan yang terjadi pada perangkat Android yang dapat mengakibatkan perangkat tidak dapat memu ...
Back to Top
This page needs javascript enabled !