Ketahui Bahaya Penggunaan VPN Gratis yang Harus Anda Tahu

Ketahui Bahaya Penggunaan VPN Gratis yang Harus Anda Tahu

Nama VPN (Virtual Private Network) saat ini sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga. Bagaimana tidak, dengan VPN maka Anda bisa mengakses informasi di dalam internet secara aman. VPN juga menjadi fitur terbaik yang mendapat dukungan keamanan dalam melakukan browsing dan surfing maupun kegiatan lain yang menggunakan koneksi internet. Sehingga tidak heran jika pada akhirnya semakin banyaknya aplikasi atau software berbasis VPN yang bisa ditemukan. Beberapa diantaranya ada yang tersedia secara gratis dan berbayar.

Namun demikian, penggunaan aplikasi VPN gratis ternyata menjadi salah satu yang paling digandrungi banyak orang. Alasannya, selain cara penggunaannya yang mudah Anda pastinya tidak perlu lagi harus mengeluarkan dana untuk menggunakan aplikasi tersebut. Tapi tahu nggak sih kalau ternyata penggunaan VPN gratis ini cukup berbahaya sekali lho. Berikut adalah beberapa bahaya penggunaan VPN gratis yang harus Anda tahu.

Ketahui Bahaya Penggunaan VPN Gratis yang Harus Anda Tahu

Ketahui Bahaya Penggunaan VPN Gratis yang Harus Anda Tahu

Kebocoran data dan alamat IP

Bahayanya penggunaan VPN gratis yang pertama ini pada dasarnya sudah menjadi isu paling krusial. Study CSIRO menyatakan bahwasannya ada sekitar 84 persen VPN gratis berhasil membuka IPv6 pengguna secara gamblang. Tidak hanya itu saja, sekitar 60 persen diantaranya telah membocorkan permintaan DNS, dengan begitu akan membuat histori penjelajahan dan lokasi browser terbuka. Tak heran jika pada akhirnya serangan malware atau pun hacker akan selalu jadi ancaman paling berbahaya.

Serangan adware

Memang penggunaan aplikasi secara gratis sah – sah saja, tetapi pastinya akan ada bayaran lain yang harus diterima, yakni serangan adware alias iklan yang sangat mengganggu. Ya, kebanyakan aplikasi VPN yang tersedia secara gratis ini akan tampilkan iklan yang asalnya dari pihak ketiga. Tidak hanya itu saja, aplikasi tersebut bahkan akan membagikan data juga kebiasaan dalam berinternet ke pihak ketiga tersebut. Jadi tidak hanya iklan saja yang jadi pengganggu, adware turut membuat koneksi internetmu melambat dan mengarahkanmu ke situs – situs berbahaya.

Terkontaminasi malware yang berbahaya

Tidak hanya adware saja, penggunaan VPN gratis juga akan mendatangkan isu keamanan akan kontaminasi malware, seperti CrossVPN, SuperVPN, dan Batternet. Malware nanti akan melakukan penyusupan berupa iklan – iklan tak penting. Hal tersebut memang dijadikan sebagai jalan bagi pembuat malware untuk mendapatkan pundi – pundi rupiah. Namun demikian, ada pula VPN gratis yang diklaim aman untuk digunakan kok. Penasaran? Klik saja di sini.

Melacak aktivitas online

Setidaknya ada sekitar 72 persen VPN gratis yang memasang tracker. Penggunaan tracker ini tak lain untuk melacak aktivitas pengguna juga memungkinkan dibagikan ke pihak ketiga. Pada saat data tersebut sudah selesai dikumpulkan maka data aktivitas akan diberikan langsung kepada pengiklan untuk memasangkan iklan kepada pengguna tertarget.

Penjualan data – data penting

Bahaya lain dari penggunaan aplikasi VPN gratis yang harus Anda tahu adalah resiko penjualan data – data penting secara ilegal. Tetapi bagi pengguna aplikasi VPN berbayar rasanya tak perlu khawatirkan masalah tersebut. Karena penyedia layanan ini biasanya punya aturan lebih ketat lagi dibandingkan penggunaan aplikasi VPN secara gratis.

Resiko serangan man in the middle

Resiko yang terakhir akibat penggunaan VPN gratisan adalah terkena serangan man in the middle. Ini merupakan suatu serangan cukup berbahaya terhadap sistem perangkat yang saling berkomunikasi satu sama lain. Salah satu dari cara hacker melakukan penyerangan yang paling berbahaya dan mematikan tersebut memiliki konsep dimana hacker ada di tengah jalur komunikasi. Khususnya untuk membajak, membaca, serta mencuri data – data penting atau bahkan menyisipkannya dengan malware.

Nah, itulah beberapa bahaya penggunaan VPN gratis yang harus Anda tahu. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Artikel Terbaru
  • Tablet Anda Tidak Bisa Di Charge? Ini Cara Memperbaikinya
    Tablet adalah salah satu produk yang diluncurkan oleh para produsen gadget untuk memberikan variasi dan memenuhi kebutuhan penggunanya. Dengan layar yang lebih besar, tentu memiliki kelebihan diba ...
  • Cara Mengatasi iPad Disabled
    Pada saat iPad Anda dinonaktifkan dan Anda tidak bisa mengembalikannya, tenang saja Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan begitu mudah. Walau Apple telah datang jauh dengan memproduksi vers ...
  • 2 Cara Yang Dapat Dilakukan Saat Lupa Password iPhone
    iPhone kamu terkunci karena lupa passwordnya ? Jangan khawatir dan tenangkan diri karena kami disini mau kasih tahu gimana caranya mengatasi lupa password iPhone atau iPad. Apabila kamu salah mema ...
  • Cara Paling Mudah Dalam Mengatasi Tablet Yang Lemot
    Teknologi android berkembang begitu pesat dari mulai handphone hingga tablet. Tablet dengan sistem operasi android sudah bukan hal yang baru. Samsung merupakan salah satu perusahaan smartphone yang ...
  • 3 Cara Tepat Menangani Blue Screen Pada Laptop dan PC Windows 7
    Kita pasti pernah mendengar salah satu permasalahan dalam komputer atau laptop yaitu Blue Screen of Death atau BSOD ini. Yang perlu diketahui dari BSOD ini bisa disebabkan oleh adanya kerusakan baik ...
Back to Top
This page needs javascript enabled !